PENYEBAB MELAMBATNYA KINERJA KOMPUTER

PENYEBAB MELAMBATNYA KINERJA KOMPUTER

Kinerja komputer memang tidak selalu stabil, kadangkala komputer mengalami hang ataupun melambat, untuk mengatasi hal tersebut kita harus tahu faktor-faktor penyebab melambatnya kinerja komputer. Penyebab melambatnya kinerja dan performance komputer bisa di akibatkan oleh hal berikut :
File Temporary
komputer secara alami akan membuat beberapa file temporary yang tersimpan secara otomatis di dalam sistem. Sebenarnya, file temporary cukup berguna, yaitu menyimpan segala informasi yang pernah di akses oleh sistem dan akan dengan mudah menampilkan informasi tersebut ketika di akses kembali. Tapi apabila kondisi ini dibiarkan terus menerus
  1. Internet Cache
    WEB Browser (misalnya, Internet Explorer) secara khusus akan membuat file temporary yang sering disebut “Internet Cache”. Proses penyimpanan internet cache terjadi pada saat browsing di internet. Sebenarnya, file temporary semacam ini tidak dibutuhkan setelah menghentikan kegiatan browsing di internet, file ini hanya akan memakan ruang kosong di harddisk. Apabila internet cahce dibiarkan begitu saja dalam waktu yang cukup lama, maka keberadaanya akan membuat kinerja komputer menurun.
  2. Recycle Bin
    Setelah kita menghapus file dari folder dengan eksekusi delete maka folder atau file yang dihapus tidak akan terhapus secara otomatis, melainkan akan dipindahkan ke Trash atau tempat sampah, kita juga bisa sebut Recycle Bin. Jadi seluruh file yang telah di hapus bisa di Restore atau di kembalikan lagi dengan melakukan Restore pada file yang memang masih dibutuhkan.
    Tapi jika memang file-file yang di hapus tidak dibutuhkan maka sebaiknya di hapus secara permanen, karena akan memakan ruang kosong pada Harddisk dan menjadi faktor melambatnya kinerja komputer.
  3. File Temporary(Sementara) Windows
    Sistem operasi windows dan aplikasi lainnya akan membuat file temporary  untuk berbagai macam alasan, seperti menyimpan informasi pada pada saat melakukan instalasi software. Sebenarnya file ini tidak dibutuhkan lagi setalah kita menutup aplikasi yang kita gunakan atau setelah kita shutdown dari windows. Pada berbagai kasus, beberapa aplikasi tidak selalu membersihkan jejak mereka setelah user keluar dari aplikasi yang digunakan. Dan jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan memakan ruang kosong di harddisk sehingga dapat memperlambat kinerja komputer.

Up-date Windows Tidak Aktif

Microsoft secara Periodik meluncurkan up-date untuk windows agar komputer user terlindungi dari bug pemrograman dan melangkapi segala kelemahan proteksi keamanan windows. Tujuan utama dari update windows adalah menjaga performa komputer agar tetap stabil. Maka selalu Update windows anda agar performa komputer tetap terjaga. Tapi syaratnya adalahWindows yang digunakan ialah Windows yang asli bukan bajakan.

Banyaknya File atau Program yang Tidak Penting
Dengan banyaknya file atau program yang tidak berguna otomatis akan memakan ruang hard disk dan otomatis akan mambuat komputer melambat kinerjanya. Maka dari agar men uninstall program atau file yang tidak berguna.

Fragmentasi
Fragmentasi adalah kondisi file yang terbagi kedalam beberapa cluster pada hard disk. Fragmentasi pada hard disk akan membuat efek yang signifikan mempengaruhi Performa Komputer. Apabila kondisi fragmentasi dibiarkan dalam kurun waktu yang lama maka, akan menyebabkan akses sebuah file (yang terfragmentasi) di dalam hard disk membutuhkan waktu yang cukup lama. Lalu penyebab fragmentasi biasanya adalah :
1. Install dan Un-install software aplikasi
2. Memindahkan, mengubah nama, dan menghapus file.
Fragmentasi merupakan hal yang wajar terjadi pada sebuah file. Cara terbaik mengatasi file yang terfragmentasi adalah dengan melakukan defragmentasi pada hard disk.

Dikutip dari buku
“JAGO KOMPUTER DALAM SEHARI”
Penulis
Rahmat Putra, ST
Terbitan
Tangga Pustaka
TINGGALKAN KOMENTAR ANDA
ITU BLOGER YANG BAIK

About ndrahunter10

Entrepeneur Ethusiast or Entrepreneur Wannabe.... "Keep Moving Forward"

Posted on November 3, 2011, in Other Information and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: