Tips Memilihi Motherboard Sesuai Kebutuhan

Tips Memilihi Motherboard Sesuai Kebutuhan

 

Mainboard atau motherboard adalah perangkat utama komputer yang berfungsi sebagai board (papan) untuk pemasangan perangkat-perangkat komputer lainnya, seperti Porcessor, Kabel data Harddisk, Floppy Disk, VGA Card, Sound Card, LAN Card, dan RAM. Ada kalanya, didalam motherboard dipaket dengan beberappa perakangkat lainnya (on-board) seperti VGA, LAN, dan Sound Card. Apabila anda kurang dengan perangkat bawaan motherboard, anda bisa menambahkan atau memasang perangkat tambahan pada slot yang disediakan.
Berikut Tips memilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhan, dan dibagi dalam ketiga kelas, yaitu kelas Value (Terjangkau), Kelas Mainstream (Menengah), Kelas High End (Kelas Atas) :
Kelas Value (Terjangkau) :
Tipe ini cocok untuk penggunaan komputer standar. Misalnya, keperluan administrasi, penggunaan internet (chatting, browsing, atau aplikasi ringan lainnya). dan aplikasi game standar. Beberapa tipe motherboard yang bisa dijadikan pilihan antara lain.
– Intel D102GGC
– Intel D865GSA
– NextBoard N-D946GZISSL

Kelas Mainstream (Menengah) :
Tipe ini cocok untuk penggunaan komputer penunjang hiburan (multimedia), aplikasi design (Photoshop, PageMaker, atau Autocad), dan aplikasi video editing. Beberapa tipe motherboard yang bisa dijadikan pilihan antara lain.
– Intel D965GCLL
– D946GZISSL
– D 965TCK



Kelas High End (Kelas Atas) :
Tipe ini cocok untuk penggunaan pengelolaan aplikasi  yang membutuhkan kecepatan dam performa tinggi. Misalnya, aplikasi programing, database, komputer server yang “jarang” dimatikan, dan aplikasi game uang memerlukan kecepatan tinggi. Tipe motherboard yang bisa jadi pilihan adalah
– Intel D975XLKBKR.Setelah menentukan tujuan penggunaan komputer, tentukan form design atau ukuran yang diinginkan.
– Model ATX atau casing model tower
– Model Micro_ATX atau casing model mini tower

Lalu PIlih chipeset yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan berkenaan dengan pemilihan chipset sebagai berikut :
– Pilih chipset yang mendukung teknologi processor Intel LGA 775
– Pilih chipset yang mendukung teknologiDDR/DDR2
– Pilih chipset yang mendukung teknologi  hard disk Serial ATA atau SATA
– Pilih merek chipset yang kualitasnya cukup terpercaya seperti Intel, Via, atau Sis

  1. Pastikan motherboard mendukung teknologi processor teknologi terkini, baik teknologi processor Intel maupun AMD.
  2. Perhatikan juga kompnen yang terintegrasi di dalam motherboard (on-board). Misalnya, VGA card, Sound Card, LAN card, atau USB. Dengan begitu, anda tidak perlu lagi mebeli perangkat tersebut. Jelas ini menghemat pengeluaran anda.
  3. Pastikan motherboard dilengkapi dengan CD Driver, terutama untuk komponen terintegrasi (on-board). Selain itu, pastikan driver motherboard mendukung sistem operasi terkini, misalnya mendukung sistem Windows XP, Windows Vista, Linux, atau Sun Micro Sistem.
  4. Pastikan modul motherboard sesuai dengan komponen yang terpasang, misalnya DDR, Serial ATA, atau PCI. Untuk mengecek kesesuaian ini, silahkan baca buku panduan atau manual book motherboard.
  5. Pastikan kelengkapan perangkat pendukung motherboard, mulai dari CD Driver, Buku panduan, Kabel data (ATA, SATA, dan Floppy Drive), baut, sampai back panel yang digunakan sebagai pelipis motherboard ke casing.
  6. Pastikan motherboard mempunyai garansi minimal 1 tahun dari toko ataupun garansi pabrikan

Demikian postingan yang mengulas tentang tips untuk memilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhan kira dalam menggunakan komputer itu. Tentu akan ada lagi tips-tips hardware yang lain untuk membantu anda dalam memilih perangakat komputer untuk rakitan.

Kontributor : Indra Lesmana

Dikutip dari buku
“JAGO KOMPUTER DALAM SEHARI”
Penulis
Rahmat Putra, ST
Terbitan
Tangga Pustaka
TINGGALKAN KOMENTAR ANDA
ITU BLOGER YANG BAIK

About ndrahunter10

Entrepeneur Ethusiast or Entrepreneur Wannabe.... "Keep Moving Forward"

Posted on Januari 9, 2012, in Hardware and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: