Tips Memilihi Video Graphic Arrage (VGA)

 Tips Memilihi Video Graphic Arrage (VGA)

VGA adalah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa sistem ke dalam bahasa gambar, kemudian informasi tersebut ditampilkan oleh monitor. Tentunya, semakin  besar kapasitas dan kecepatan VGA akan menghasilkan tampilan yang berkualitas pada layar monitor.
Tips Memilih Video Card :
  1. Pilihlah VGA yang kualitasnya sudah terpercaya, misalnya ATI atau N-Vidia.
  2. Pilih VGA yang mempunyai resolusi yang tinggi. Selain, itu pastikan ukuran resolusi VGA sesuai dengan ukuran resolusi monitor. Umumnya, resolusi minimal monitor saat ini adalah 1.024 x 768 pixel.
  3. Pilihlah CGA yang memiliki nilai refresh rate 75 Hz (75 kedip per detik). Refresh rate adalah kecepatan kedip rata-rata komputer. Semakin tinggi nilai refresh rate VGA, tampilan monitor semakin bagus.
  4. Sesuaikan model VGA dengan modul yang tersedia pada motherboard. Sebaiknya gunkan model AGP seperti AGP 2x, AGP 4x, atau AGP 16x.
  5. Pastikan VGA memiliki port DVI (Digital Visual Interfaces). Port DVI merupakan jenis port yang tersambung ke monitor. Apabila masih menggunakan port VGA, sebaliknya anda harus membeli konverter port VGA ke port DVI.
  6. Pastikan VGA tersedia fasilitas S-Video in (Video Input / TV Out) atau VIVO (Video Out Video In). Hal ini berfungsi sebagai konektor untuk mengirim gambar dari kamera video atau VCR ke komputer. Selain itu, fungsi fasilitas ini juga mampu mengirim signal ke prangkat lain, misalnya proyektor (infocus) atau TV.
  7. Apabila anda adalah seorang gamer pastikan membeli VGA yang dapat di overclok. Overclocking adalah sebuah cara yang digunakan untuk meningkatkan kinerja VGA. agar bisa overclocking,  pastikan VGA mempunyai sistem pendingin yang bagus karena overclock akan menyababkan VGA cepat panas.
  8. Pastikan VGA memiliki garansi dari toko minimal 1 tahun.
  9. Pastikan VGA mendukung teknologi API (Aplication Program Interfaces). API adalah program yang berfungsi  untuk menampilkan gambar 3D. Program API yang biasa sebagai berikut :
– Open GL 
Kelebihan program OpenGl adalah dapat meng- update driver VGA terbaru melalui internet. Selain itu OpenGL sudah bisa digunakan pada semua sistem operasi. baik Windows maupun Linux, maupun Mac OS X.  Hanya saja, kelemahan OpenGL terbatas pada penggunaan interfaces grafik.
– DirectX
Kelebihan DirectX adalah dilengkapi dengan Direct3D untuk mengolah grafik, Direct Sound  untuk mengolah suara, dan Direct Play untuk mengolah jaringan. Aplikasi ini didukung dengan update terbaru yang biasa di akses di situs resmi Microsoft http;//www.microsoft.com/directx. Kelamahan dari Aplikasi ini ialah hanya bisa digunakan untuk OS windows saja.

Demikian postingan yang mengulas tentang tips untuk memilih VGA Card yang sesuai dengan kebutuhan kira dalam menggunakan komputer itu. Tentu akan ada lagi tips-tips hardware yang lain untuk membantu anda dalam memilih perangakat komputer untuk rakitan.

Kontributor : Indra Lesmana

Dikutip dari buku
“JAGO KOMPUTER DALAM SEHARI”
Penulis
Rahmat Putra, ST
Terbitan
Tangga Pustaka
TINGGALKAN KOMENTAR ANDA
ITU BLOGER YANG BAIK

About ndrahunter10

Entrepeneur Ethusiast or Entrepreneur Wannabe.... "Keep Moving Forward"

Posted on Januari 10, 2012, in Hardware and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: